Cara Input Siswa PIP di Emis Yang Baik dan Benar

Selamat Pagi Sobat Operator Semoga dalam keadaan Sehat.

Tetap Jaga Jarak dan Pakai Masker selalu saat keluar rumah!!!

Lawan Covid 19

Pada kesempatan kali Ini saya hendak membagikan tips seputar pengajuan PIP di Emis Tahun 2020.

Tindak lanjut dari surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia, Nomor : B-1802/Dt.I.I/PP.03.1/09/2020 bahwa pendataan Siswa Calon Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2020 Melalui Usulan Madrasah. Direktorat KSKK Madrasah akan melakukan pendataan siswa berbasis usulan madrasah khusus siswa baru hasil Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun pelajaran 2020/2021.

Nah jadi itu sobat operator, dasar pengajuan PIP tahun 2020 ini dikhususkan hanya untuk siswa baru. Ayo segera kita input pengajuan siswa PIP yang dimulai dari tanggal 7 September 2020 hingga 16 Oktober 2020. Bagi sobat operator yang belum tau link nya bisa klik dibawah ini 👇

EMIS PIP

Login Emis PIP 2020

Tampilan awal seperti gambar di atas ya,,, masukkan username dan password sama saat login emis madrasah.

Setelah Sobat login di emis pip maka lanjutkan dengan memilih klik pengajuan FUM lihat gambar di bawah perhatikan lingkaran yang berwarna merah. Setelah klik pengajuan FUM maka lanjutkan dengan klik cek data.


Menu Pengajuan Emis PIP

Misal saya ketikkan nama diatas untuk saya ajukan sebagai siswa PIP. Namun jangan terburu-buru klik ajukan ya sobat ! cek kembali data yang diberi kotak besar berwarna merah apakah sudah lengkap dan valid atau belum? Sangat penting untuk diperhatikan NIK siswa dan NIK Orang tua/wali serta data –data lainnya. Perhatikan kotak berwarna merah!!!

Kalau belum lengkap jangan dulu sobat klik ajukan. Maka penting sekali untuk kita input di emis madrasah. Silakan login di emis madrasah pada link dibawah ini!!!

EMIS MADRASAH

kemudian lanjut klik siswa aktif pilih siswa yang akan diinput kemudian klik tanda panah disebelah kanan pada kolom aksi. Pertama klik ubah profil siswa, Lihat gambar dibawah.


menu ubah profil siswa

Penting untuk input NIK siswa dan data pendukung lainnya. Perhatikan gambar dibawah (lihat kotak berwarna merah) Setelah selesai penginputan lanjutkan klik simpan.

Nah coba sobat perhatikan kotak  yang berwarna merah adalah profil siswa yang telah kita input pada ubah profil siswa. Data ini penting untuk verifikasi kemenag pusat terkait pengajuan siswa PIP. Dan juga untuk memasukkan siswa pada BIOUN nantinya.

Selanjutnya yang Kedua klik detail siswa,Lengkapi data hingga menu Alamat Tinggal Ortu. Dan setiap selesai input jangan lupa klik simpan. Untuk pengajuan dengan KIP pasti ada data Nomor KKS dan NO KIP maka itu diinput. Tetapi jika pengajuan dengan SKTM maka kosongkan saja nomor KKS dan NO KIP. Tetapi tetap diinput layak menerima PIP.


Menu Kebutuhan Khusus Pada siswa aktif Emis

Menu Tempat Tinggal Pada siswa aktif Emis

Sobat operator perhatikan lingkaran warna merah yap yakni titik koordinat. sekarang ada data baru yang harus sobat input yakni titik koordinat tempat tinggal siswa. Nah di lain kesempatan saya akan membagikan info cara mengisi titik koordinat dari google maps PC dan Smarthphone 😎

Menu Informasi Ortu siswa aktif di EMIS

Input NO KIP pada EMIS (Jika Siswa Memiliki KIP)

Untuk pengajuan dengan KIP pasti ada data Nomor KKS dan NO KIP maka itu diinput. Tetapi jika pengajuan dengan SKTM maka kosongkan saja nomor KKS dan NO KIP. Tetapi tetap diinput layak menerima PIP.

Menu Tempat Tinggal Ortu Siswa Aktif Di EMIS

Pastikan Sobat Operator Input semua menu detail siswa mulai dari kebutuhan khusus sampai Tempat Tinggal Ortu. Pastikan Selesai penginputan selalu klik simpan pada pojok kanan bawah.

Setelah berhasil di simpan maka sobat logout terlebih dahulu baik yang di emis madrasah dan juga di emis pip. Kemudian login kembali di emis pip klik pengajuan FUMàCek Dataàcari nama yang telah diinput di emis madrasahàpastikan data sudah masukàklik ajukan. Lihat gambar dibawah (kotak berwarna merah) data inputan di emis madrasah sudah masuk /singkron maka silakan sobat klik ajukan.

Data berhasil di singkron di EMIS PIP

Selanjutnya klik menu Daftar Siswa (FUM) pada kolom aksi klik lihat perhatikan gambar dibawah dengan lingkaran warna merah.

Menu Daftar Siswa (FUM) EMIS PIP

Selanjutnya akan tampil seperti gambar dibawah ini. Perhatikan kotak berwarna merah.

Menu Upload File Pendukung Pengajuan EMIS PIP

Untuk alasan pengajuan memiliki KIP/KKS/PKH dan belum menerima PIP maka file yang diunggah Yakni KIP siswa dengan format JPEG ukuran dibawah 200Kb.

Untuk alasan pengajuan Keluarga Rentan Miskin maka file yang diunggah yakni SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) Siswa dari kepala Desa/Lurah setempat. File diunggah dengan format JPEG dengan ukuran dibawah 200 Kb.

Dan terakhir selalu Klik SIMPAN.

Selamat Bekerja!!! Salam Semangat!!! Operator Bisa!!! #MadrasahHebat #MadrasahHebatBermartabat




Komentar