Kepala Madrasah Pimpin Rapat Kenaikan Kelas MAN 1 Empat Lawang TP 2018/2019

Saribi,S.Pd.I menyampaikan pendapat
Tebing Tinggi, Inmas.

Madrasah Aliyah Negeri 1 Empat Lawang menggelar rapat kenaikan kelas tahun pelajaran 2018/2019 di ruang guru hari ini kamis (27/06). Rapat kenaikan kelas dipimpin oleh Kepala Madrasah Drs Imam Rohman penuh motivasi dalam sambutannya. Sebelum memulai rapat Imam menyampaikan sambutannya dihadapan dewan guru agar selalu berperan menjadi pendidik bukan pengajar.

Imam menjelaskan bahwa sebagai guru mempunyai kewajiban memberikan pelajaran, evaluasi, menilai, membimbing dan mendidik. Itulah mengapa seorang guru harus berperan sebagai pendidik. "kalau sebagai pengajar hanya cukup memberi materi, tetapi kalau sebagai pendidik selain memberikan materi tetapi juga memberi nasihat" tutur nya. Nasihat memang belum tentu langsung didengar tetapi nanti setelah lulus baru akan tampak hasil, katanya lagi. Terakhir imam manambahkan bahwa hasil evaluasi yang akan kita lakukan ini berdampak besar, pungkasnya.

Rapat Kenaikan Kelas TP 2018/2019 MAN 1 Empat Lawang
Melalui rapat kenaikan kelas ini diharapkan agar tidak terjadi penyesalan kedepannya dan wali kelas nantinya menyebutkan nama-nama siswa yang bermasalah untuk dibahas apakh naik atau tidak. Dengan tiga kriteria yaitu absensi kehadiran, akhlak dan ketuntasan belajar menjadi dasar untuk menyeleksi siswa-siswi yang naik atau tidak ke level berikutnya. Waka Kesiswaan, Saribi,S.Pd.I ikut berkomentar untuk absensi kehadiran sudah dijelaskan dan ditempel tata tertib di kelas masing-masing, dimana untuk alpa itu poin nya lima. Sementara untuk akhlak bisa dilihat dari kesehariannya apakah sering minggat saat belajar dan juga keaktifan ikut sholat berjamaah di masjid, ujar saribi. Sementara ketuntasan belajar dilihat dari nilai akhir semester sesuai dengan KKM (kriteria ketuntasan minimal) setiap mata pelajaran.(hdf)

Komentar