APASIH ARTI, TUJUAN DAN MANFAAT EMIS ITU?


TEBING TINGGI - Sebelum kita membahas lebih detail tentang EMIS kita harus tau dulu apa sih emis itu? untu apa? dan apa manfaatnya nya, EMIS adalah singkatan dari Education Management Information System,sedangkan PENDIS adalah singkatan dari Pendidikan Islam.Emis Pendis merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh kementerian agama untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam.

menu login emispendis madrasah

Sedangkan Tujuan EMIS itu agar sekolah atau madrasah yang berada di bawah naungan kementerian agama menjadi lebih mudah di dalam melaporkan perkembangan sekolahnya. Selama ini, sistem yang lama cukup merepotkan khususnya untuk mengetahui perkembangan terakhir dan data terkini yang di madrasah-madrasah di seluruh indonesia.

Adapun Manfaat EMIS yaitu memudahkan di dalam menemukan data yang valid tentang madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi islam di Indonesia. Data emis sangat bermaat untuk madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi islam yang akan mengajukan proses akreditasi di SisPena (Sistem Penilaian Akreditasi). 


Perlu diketahui saat ini Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah membuka pengajuan proses akreditasi secara online pada web berikut https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login . Untuk login di Sispena username dan pasword menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) masing-masing. Pada proses pengisian data di sispena tersebut sangat dibutuhkan data yang valid dari emis.

Untuk itu diharapkan seluruh operator agar segera mengisi dengan lengkap dan benar data emis, login link emis http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/ .

Sebelum anda dapat membuka tampilan aplikasi Emis Pendis, perlu diingat bahwa aplikasi ini adalah aplikasi berbasis web, sehingga untuk membukanya dibutuhkan software penjelajah internet (browser) seperti Mozilla Firefox, Google Chroom, Internet Explore dan lain-lain. Namun perludiingat juga, untuk jenis browser yang disarankan yang compatible dengan aplikasi ini adalah Mozilla Firefox. (HDF)


Komentar